Header Ads

  • Breaking News

    Berbagai Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

    Berbagai Manfaat Jalan Kaki Untuk KesehatanMembudayakan diri berjalan kaki memang harus diawali dengan kemauan serta niat yang tulus dari diri sendiri, karena dengan berjalan kaki ternyata banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Jika dilihat dengan semakin majunya keragaman alat transportasi ternyata bisa menyebabkan kebiasaan berjalan kaki menjadi menurun. Semenjak dari rumah sampai tempat kerja, waktu untuk berjalan kaki hanya beberapa saat saja, keluar dari pintu rumah langsung ke garasi selanjutnya duduk dikendaraan, sampai ditempat kerja turun didepan kantor dan kendaraanpun sudah ada yang memarkirkan.

    Tapi yang demikian "biasanya" hanya untuk orang-orang tertentu saja yaitu orang-orang yang extra sibuk (berangkat pagi pulang malam) jadi waktu untuk bersantai bersama keluarga dan berjalan kaki untuk sehat tentu sangat terbatas. Sebaliknya, banyak juga orang-orang yang sangat menghargai makna kehidupan dan kesehatan, sehingga bisa mengatur waktu dengan baik untuk bisa bersantai bersama keluarga dan menyempatkan diri untuk berjalan kaki demi menjaga kesehatan ditengah-tengah kesibukan yang ada.

    Pada dasarnya berjalan kaki merupakan aktifitas yang sangat sering dilakukan, dan selama ini sudah pasti Anda menggerakkan kedua kaki untuk berjalan. Tetapi aktifitas berjalan yang ada hanya sebatas diruangan tertentu saja, misal dirumah dan ditempat kerja. Menurut informasi yang ada berjalan kaki memiliki banyak manfaat yang sudah terbukti bisa mengatasi beberapa problem kesehatan seperti bisa menurunkan berat badan, mengatasi masalah pernapasan, menyehatkan jantung, dan lain sebagainya.

    Dari hasil penelusuran DigitalBaca menemukan beberapa informasi yang berkaitan dengan manfaat jalan kaki, dimana jika kita rutin jalan kaki dengan santai dengan jarak tempuh kurang lebih dua sampai 3 KM perhari ternyata bisa mengatasi bermacam penyakit, dan diabwah ini merupakan rangkuman beberapa manfaat yang bisa diambil jika kita rutin berjalan kaki :
    • Menghindarkan diri dari Diabetes Tipe 2
      Berjalan kaki bisa menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kardiovaskuler, dan meningkatkan pengelolaan diabetes melitus tipe 2. Dengan rutinitas jalan kaki ternyata mampu menurunkan penyakit diabetes hingga 58%. Program pencegahan Diabetes memperlihatkan, jalan kaki selama 150menit perminggunya akan mengurangi 7% berat badan atau sekitar 7Kg.
    • Memperkuat Jantung pada Pria dan Wanita
      Dalam sebuah penelitian, tingkat kematian pada pria yang sudah pensiun dan berjalan kaki kurang dari 1 mil per harinya menunjukkan dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang menempuh jarak 2 mil per hari. Studi untuk kaum hawa yang dilakukan pada 72.488 wanita memperlihatkan, dengan berjalan kaki selama tiga jam perminggunya akan mengurangi risiko serangan jantung atau jenis penyakit jantung lain.
    • Menurunkan Kadar Kolesterol
      Rutinitas berjalan kaki ternyata memungkikan untuk menurunkan tingkat kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau yang biasa dikenal dengan sebutan kolesterol jahat. Sebaliknya dengan kegiatan berjalan kaki secara rutin bisa meningkatkan produksi kolesterol HDL (high density lipoprotein).
    • Baik untuk Otak
      Kenapa demikian karena dalam studi tentang jalan kaki ditemukan, wanita yang berjalan satu setengah jam per minggu memiliki fungsi kerja organ kepala yang lebih baik dari pada mereka yang hanya berjalan empat puluh (40) menit perminggunya.
    • Baik untuk Tulang
      Dari riset yang dijalankan memperlihatkan bahwasanya kaum hawa yang menopause dan melakukan rutinitas berjalan kurang lebih satu mil perhari memiliki kepadatan tulang lebih baik dari pada mereka yang minim berjalan kaki. Selain itu dengan berjalan kaki ternyata sangat efektif guna menurunkan kehilangan massa tulang pada bagian kaki.
    • Mengurangi Gejala Depresi dan Meningkatkan Kebugaran
      Dengan berjalan kaki tiga puluh menitan, selama tiga sampai lima kali perminggunya dan dilakukan selama 12 minggu ternyata dapat mengurangi gejala depresi dan juga dapat meningkatkan kebugaran dan sistem pernapasan secara signifikan. Selain itu bagi Anda yang sedang berdiet atau berusaha menjaga bobot tubuh, berjalan kaki sangat membantu mendapatkan bobot tubuh yang diharapkan.
    • Dapat Mengurangi Risiko Kanker Payudara dan Kolon
      Wanita yang berjalan secara rutin 65 menit hinga 135 menit per minggu bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kolon hingga 18 persen dibandingkan wanita yang tidak aktif. Studi memperlihatkan, olahraga dapat mencegah kanker kolon. Untuk orang yang telah terkena kedua kanker, olahraga mampu meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi angka kematian.
    • Jalan kaki singkat pun meningkatkan kebugaran.
      Studi yang dilakukan pada pejalan kaki wanita memperlihatkan, jalan kaki singkat sekitar 10 menit saja per hari ternyata memiliki efek untuk kesehatan. Hasilnya akan terlihat pada peningkatan kebugaran dan pengurangan lemak di tubuh, kalau dilakukan hingga 30 menit per hari. Riset lain memperlihatkan, jalan kaki juga bisa meningkatkan kebugaran dan fungsi kerja tubuh serta melindungi tubuh dari penyakit degeneratif pada orang lanjut usia.

    Jadi mulai sekarang sudah waktunya kita meluangkan waktu untuk membiasakan berjalan kaki, karena manfaatnya sangat banyak untuk diri kita dan bagi Anda yang sibuk berikut tips yang bisa dilakukan :
    • Jalan-jalan dipagi hari yang tentunya bisa dilakukan asalkan Anda bisa bangun pagi
    • Jika tempat kerja Anda memungkinkan untuk dijangkau dengan berjalan kaki, maka hal ini merupakan alternatif terbaik yaitu dengan berangkat lebih awal ke tempat kerja.
    • Jika menggunakan kendaraan, maka carilah tempat parkir yang agak jauh, sehingga memberikan kesempatan untuk berjalan kaki hehehe...
    • Apabila tempat kerja Anda ada di gedung bertingkat maka, sesekali cobalah menaiki tangga darurat sebagai alternatifnya.
    • Sementara itu dulu, jika mau menambah silahkan tuliskan di kotak komentar yang sudah tersedia. Just sharing Kawan...
    Sumber : www.tabloidbintang.com / Kesehatan.liputan6.com

    3 comments:

    1. Hal yang terkesan "sepele" ternyata mempunyai manfaat yang sangat banyak.. :)

      ReplyDelete
    2. bener tuh, sesekali kita harus jalan kaki,, jangan naik mobil melulu,, supaya kita terhindar dari berbagai penyakit

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    whaff rewards hack, whaff rewards download, cara mendapatkan uang whaff dengan cepat, whaff coc, whaff for pc, whaff locker, aplikasi whaff penipuan, whaff rewards code, whaff rewards invite code, kode undangan whaff rewards,cara menggunakan whaff locker, cara hack dollar whaff, cara invite whaff berkali kali, trik curang whaff, cara invite teman di whaff, trik whaff menggunakan vpn, trik whaff kaskus, cara menggunakan whaff untuk coc,

    Post Bottom Ad

    Obat Kuat Herbal di Oles Tahan Lama, Resmi BPOM
    FOREDI GEL Asli Rekomendasi Boyke, Aman dan Resmi BPOM.
    Detox Plus Diet Sehat Aman
    Turunkan Berat Badan 2-5 Kg dalam 7 Hari, Perut Buncit Hilang!
    Oris Krim Pengencang Payudara
    Payudara Kencang Dan Indah Sejak 7 Hari pemakaian, Cegah Kanker Payudara!
    Herbal atasi Keputihan Bikin Mis.V Keset dan Harum dan keset!
    Rahasia Organ Intim Bebas Keputihan, Miss V Kesat, Rapat seperti perawan lagi, dan Harum
    Terapi Kista Tanpa Operasi
    Solusi Herbal Untuk Mengatasi Kista Tanpa Operasi, Menambah Kesuburan
    5 Produk Pasutri Rekom Boyke
    Menjadikan hubungan suami istri lebih harmonis dengan herbal rekomendasi Boyke

    diet sehat, 
diet cepat kurus, cara diet alami dan sehat, diet alami dengan air putih, cara diet super cepat, cara diet alami dan cepat tanpa olahraga, cara diet alami dalam waktu singkat, diet sehat golongan darah o, cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga,