Header Ads

Herbal Sehat ABE, Foredi, Herbal Oles atasi Ejakulasi Dini, Fiforlif, Detox, Penurun Berat Badan, Lady Fem, atasi Kista, Atasi masalah Kewanitaan, Tisu Majakani, Herbal Pembersih organ Intim Wanita, Cegah kanker Servik, Oris Breas, pengencang Payudara
  • Breaking News

    Manfaat Buah Kurma dan Kandungan Gizinya

    Manfaat  Buah Kurma dan Kandungan GizinyaPuasa Ramadhan 1433 Hijriah sudah berlangsung dan sampai posting ini ditulis sudah memasuki hari ke 12, Puji syukur atas Nikmat dan Karunia-Nya sehingga kita diberikan kesempatan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan pada tahun ini. Dalam menjalankan puasa, hal yang ditunggu oleh seorang yang menjalankan ibadah tersebut adalah waktu berbuka. Untuk mengawali berbuka biasanya sudah disiapkan makanan dan minuman pembuka dengan rasa yang manis serta dingin menyegarkan, selain menu tersebut tidak ketinggalan Buah Kurma juga disiapkan sebagai menu berbuka. Buah kurma merupakan buah yang populer sebagai menu untuk mengawali berbuka puasa karena ada anjuran dari Rosululloh untuk berbuka dengan buah kurma. Lebih jelasnya berikut isi hadist yang diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi :
    “Jika salah seorang kalian berbuka puasa, hendaklah ia berbuka dengan Kurma karena di dalamnya terdapat berkah. Jika ia tidak menemukannya hendaklah ia berbuka dengan air”.
    Buah kurma sendiri tumbuh dengan subur di negara Arab (daerah padang pasir) dengan nama latin yaitu Phoenix Dactylifera. Di pasaran aAda banyak jenis kurma diantaranya kurma dari Mekah dan Madinah. Buah kurma sendiri memiliki rasa manis alami, dengan warna merah tua kecoklatan, jika dirasakan seperti paduan antara madu, gula dan syirup dengan aroma khas. Sedangkan jika masih belum tua alias masih mentah kurma memiliki warna hijau atau merah menyala. Buah yang berbentuk lonjong dan berbiji ini termasuk rumpun dari buah-buahan Arecaceae atau Palmae.

    Manfaat  Buah Kurma dan Kandungan Gizinya
    Ada banyak manfaat dan khasiat yang ada pada buah Kurma, karena buah kurma memiliki kandungan gizi seperti : kalsium, zat besi (Fe), vitamin: A, B2, dan B12, C, kalium (potassium), serat, aspirin, salisilat, fosfor, sulfur, natrium (sodium), magnesium, cobalt, seng, fluorin, tembaga (Cu), mangaan, selulosa, dan karbohidrat (berupa glukosa dan fruktosa). Dan dibawah ini merupakan beberapa khasit dan manfaat yang ada pada buah Kurman ;
    • Kurma memiliki tekstur yang halus sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja termasuk bagi penderita lambung sensitif dan radang usus.

    • Kandungan serat yang ada dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Selain itu kandungan serat kurma juga bisa melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar. Fruktosa, selulosa, dan serat yang ada baik untuk pencernaan, mengatasi konstipasi (sembelit atau susah buang air besar).

    • Secara umum kandungan Vitamin yang ada didalam buah kurma baik untuk kesehatan mata, sebagai penguat saraf (neurotonic), pencegah sariawan, berfungai sebagai antioksidan, bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

    • Kurma juga merupakan sumber Vitamin A, dimana tersebut memiliki sifat antioksidan dan sangat baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A sangat membantu melindungi diri dari kanker paru-paru dan rongga mulut. Selain itu Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

    • Buah Kurma juga kaya akan vitamin K dan vitamin B-Komplek, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein serta lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

    • Kurma juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin, dimana tanin bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi serta anti-hemoragik.

    • Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik, dimana zat besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah. Zat Besi (Fe) pada kurma juga sangat baik bagi penderita anemia. Selain itu Zat besi dan kalsium yang ada pada kurma juga sangat penting untuk mengatasi kekurangan produksi ASI pada ibu menyusui.

    • Kurma juga memiliki peran penting untuk pertumbuhan anak, pembentukan darah dan sumsum tulang, serta menjaga ke elastisan dinding arteri (potassium metabolism). Selain itu Magnesium yang ada pada buah kurma juga sangat penting bagi pertumbuhan tulang.

    • Kalium (potassium) signifikan untuk mengatasi kelelahan dan juga membuat organ jantung bekerja lebih optimal, mengaktifkan kontraksi otot, dan berperan dalam pengaturan tekanan darah.

    • Kalium dalam kurma merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

    • Bagi penderita hipertensi kurma juga baik untuk di konsumsi karena salisilat yang ada pada buah ini dapat memengaruhi prostaglandin yang akhirnya dapat menurunkan tekanan darah.

    • Sedangkan kalsium pada buah kurma merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf. Mineral yang ada pada kurma juga memberikan efek mengendurkan ketegangan neuron, sehingga tubuh bisa lebih tenang dan bisa bersemangat lagi.

    • Kandungan fosfor yang ada pada buah ini juga berperan penting sebagai nutrisi otak, sehingga bila dikonsumsi teratur, dalam jangka panjang berefek mencerdaskan.
    Dengan demikian sangat dianjurkan mengkonsumsi buah kurma pada saat mengawali berbuka puasa, karena satu butir buah kurma karena terkandung zat anti lapar (glukosa dan fruktosa) sehingga dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang. Adapun kandungan gizi yang ada pada buah kurma kurang lebihnya seperti tabel dibawah ini.

    Rincian kandungan Gizi Buah Kurma (per 100 g)
    Sumber: USDA National Nutrient Database)
    Rincian kandungan Gizi Buah Kurma

    Semoga bermanfaat and Just Sharing..... Semoga kita dipertemukan lagi dengan bulan suci Ramadhan di tahun-tahun yang akan datang... Amiiin....

    Referensi : www.indoislamicstore.com / Majalahkesehatan.com
    Picture : Google Image Search with keyword "khasiat buah kurma dan kandungan gizi"

    2 comments:

    1. selain manis, buah kurma juga kaya manfaat dan khasiat..
      mantappp

      ReplyDelete
    2. Tambahan sedikit, kurma yang biasa kita temui di Indonesia adalah tahap akhir, yang paling masak di pohon, mengandung 80%lebih gula, jadi manisnya asli, bukan dikasih gula ..

      ReplyDelete

    Post Top Ad


    Obat Kuat Herbal Oles Boyke

    Post Bottom Ad



    Obat Kuat Herbal Oles Tahan Lama, Resmi BPOM
    FOREDI GEL Asli Rekomendasi Boyke, Aman dan Resmi BPOM.
    Detox Plus Diet Otomatis
    Turunkan Berat Badan 2-5 Kg dalam 7 Hari, Perut Buncit Hilang!
    Oris Krim Pengencang Payudara
    Payudara Kencang Dan Indah Sejak 7 Hari pemakaian, Cegah Kanker Payudara!
    Herbal atasi Keputihan Bikin Mis.V Keset dan Harum!
    Rahasia Organ Intim Bebas Keputihan, Miss V Kesat, Rapat seperti perawan lagi, dan Harum
    Terapi Kista Tanpa Operasi
    Solusi Herbal Untuk Mengatasi Kista Tanpa Operasi, Menambah Kesuburan
    Produk Pasutri Rekom. Boyke
    Menjadikan hubungan suami istri lebih harmonis dengan herbal rekomendasi Boyke

    diet sehat, 
diet cepat kurus, cara diet alami dan sehat, diet alami dengan air putih, cara diet super cepat, cara diet alami dan cepat tanpa olahraga, cara diet alami dalam waktu singkat, diet sehat golongan darah o, cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga,