Tidak Tahu atau Kurang Tahu

bertanya, gambar pertanyaanIstilah "tidak tahu" atau "kurang tahu" sering kita pakai untuk menjawab pertanyaan yang tertuju kepada kita untuk menjawab pertanyaan yang jawabannya masih kita ragukan. Dalam keseharian tanya jawab merupakan hal yang sudah menjadi tradisi sebagai jalinan komunikasi antar sesama manusia. Tidak jarang dalam berkumunikasi ada hal-hal yang masih belum kita ketahui dan dengan menjalin komunikasi tentunya kita akan mendapatkan informasi baru yang selalu ada dalam kehidupan ini. Tidak ada manusia yang bisa mengetahui setiap kejadian yang akan terjadi, manusia hanya mereka-reka dan merencanakan saja tetapi tidak bisa memastikan kejadian yang akan terjadi, sebab kepastian hanya milik-Nya.

Dalam menjawab pertanyaan yang jawabannya masih belum kita kitahui keabsahannya biasanya kita memberikan jawaban dengan jawaban "kurang tahu" dan jawaban tersebut tentunya akan memberikan pertanyaan tambahan kepada kita akibat jawaban "kurang tahu" tersebut. Maksud hati ingin segera terhindar tetapi muncul pertanyaan baru lagi, bukan berarti kita menghindar tetapi hal tersebut untuk menghindari jawaban yang tidak benar tentunya. Sering kita mendapatkan informasi yang belum jelas yang menimbulkan banyak pertanyaan di pikiran kita, dan rasa ingin tau yang memang bawaan manusia akan menjadi sebuah pemicu untuk mendapatkan jawabannya, dimana kita akan bertanya kesana kemari untuk mendapatkan jawaban yang sesuai harapan.

Mungkin dalam menjawab pertanyaan yang jawabannya belum jelas "menurutku" mending kita memilih kata "tidak tahu" dengan tujuan menghindari hal-hal belum jelas yang kita sampaikan. Bagaimana menurut Anda, apakah memilih kata "tidak tahu " atau "kurang tahu" dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang jawabanya masih belum jelas...?

Posting ini hanya sekedar tulisan kecil saja dengan harapan bisa mendapatkan masukan dari para pembaca untuk menambah wawasan dan inspirasi. Setiap orang tentunya memiliki pemikiran berbeda dalam memberikan wacana, semoga bermanfaat dan salam sukses untuk semua. *Just Sharing*

_____________
Picture by : Google Image Searching key word "pertanyaan"

3/Post a Comment/Comments

  1. Kalo saya si seringnya menggunakan "mungkin ini ya, soale aku juga kurang tahu masalah tersebut" hehehehehe :p

    ReplyDelete
  2. Kalo "kurang tahu" sepertinya digunakan jika sudah ada pengetahuan yang terkait dengan jawaban, tetapi belum mencukupi. Kalo "tidak tahu" untuk pertanyaan yang jawabannya benar-benar masih blank. Just sharing too

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post
ADS2