Gunung Gumitir | Pesona Alam Pegunungan, Cafe & Rest Area PTPN-XII

Jika Anda menuju kota Banyuwangi melalui kota Jember (atau sebaliknya) tentu akan melintasi Lereng Gunung Gumitir, dimana jalur ini memiliki jumlah tikungan yang cukup banyak. Kurang lebih ada 15 tikungan tajam yang mengharuskan pengemudi berhati-hati dan selalu waspada. Kondisi jalan di jalur Gumitir ini sudah sangat bagus, hampir tidak ada aspal yang mengalami kerusakan. Ketika melintas di jalur ini Anda akan di suguhi pesona alam pegunungan dengan pepohonan menjulang yang selalu terjaga dengan baik. Tidak hanya itu, jika Anda ingin lebih menikmati indahnya pesona lereng Gumitir, sudah ada Cafe & Rest Area yang di sediakan oleh PTPN-XII.

Gunung Gumitir dan Pesonanya
Pesona gunung Gumitir dari kejauhan yang di selumuti awan putih. 

Sepanjang jalur Gumitir Anda akan banyak menemui beberapa warga sekitar berada hampir di setiap tikungan untuk memberi aba-aba ada tidaknya kendaraan dari arah yang berlawanan. Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi yang belum pernah melintasi jalur gunung Gumitir. Sebagai imbalan, Anda bisa memberi uang receh, makanan ringan atau sebatang dua batang rokok atau apa saja yang menurut Anda bisa bermanfaat bagi orang-orang tersebut. .

Gunung Gumitir dan Pesonanya
Warga sekitar Gn. Gumitir yang membantu memberi aba-aba

Ada banyak titik lokasi yang bisa dijadikan tempat istirahat atau bersantai sambil menikmati pemandangan alam nan indah serta menikmati sejuknya udara yang mungkin jarang kita dapatkan di kota besar. Untuk tempat beristirahat yang biasanya ramai yaitu di bagian puncak jalur gunung gumitir. Lokasi istirahat ini biasa dikenal dengan nama Watu Gudang. Anda bisa berhenti sejenak untuk melepas lelah sambil menikmati bekal perjalanan {jika membawa} atau memesan secangkir kopi di lokasi tersebut. Untuk tempat parkir cukup lumayan memedai sehingga memungkinkan Anda untuk berlama-lama menikmati sejuknya cuaca di Lereng Gunung Gumitir.

Gunung Gumitir dan Pesonanya
Watu Gudang, puncak jalur Gn. Gumitir



Cafe dan Rest Area Gunung Gumitir PTPN-XII

Selain tempat-tempat tersebut, saat ini di jalur Gumitir sudah di buka Cafe dan Rest Area di jalur Jember - Banyuwangi yang tepatnya ada di Lereng Gunung Gumitir (Jalan Raya Banyuwangi KM 39). Adapun Cafe dan Rest Area tersebut milik PTPN XII yang resmi dilauncing pada hari Rabu, 09 Mei 2012 (surabaya.tribunnews.com).

Ditempat tersebut Anda bisa menikmati pesona pemandangan alam yang indah termasuk wisata Agro & Terowongan Kereta Api (KA), arena bermain untuk keluarga, Outbound dan Flying Fox, Kereta Wisata, Area Perkemahan, Lapangan Olah raga, Mushola dan Toilet, Gedung Pertemuan dan melihat keunikan Kursi Raksasa. Untuk informasi terbaru silahkan kunjungi situs resmi Cafe dan Rest Area Gumitir di link berikut ini 👉 Gumitir.com.

Gunung Gumitir dan Pesonanya
Pintu masuk Cafe & Rest Area Gunung Gumitir

Itu tadi sekilas tentang jalur gunung Gumitir yang berbatasan langsung antara kabupaten Jember dan Banyuwangi. Oh ya, jika Anda melintas di Kota Jember antara bulan Juni - Juli 2012 jangan lewatkan event akbar dalam rangka "Bulan Berkunjung ke Jember 2012" (BBJ 2012), banyak acara yang di gelar dan pastinya akan memberikan kesan untuk Anda. Berikut beberapa foto yang DigitalBaca ambil pada saat melintasi Lereng Gunung Gumitir pada 20/05/2012 menggunakan kamera blackberry BB-8900.



Tempat Istirahat di Watu Gudang

Gunung Gumitir dan Pesonanya
Warung kopi Watu Gudang di puncak jalur Gumitir


Cafe and Rest Area Gumitir

Gunung Gumitir dan Pesonanya
Titik lokasi Cafe & Rest Area Gunung Gumitir


Memasuki Kabupaten Jember

Gunung Gumitir dan Pesonanya
Turun dari gunung Gumitir memasuki Kabupaten Jember


Memasuki Kabupaten Banyuwangi

Gunung Gumitir dan Pesonanya
Patung Gandrung Banyuwangi di jalur Gumitir..


Beberapa Tikungan di Gunung Gumitir

Gunung Gumitir dan Pesonanya

Gunung Gumitir dan Pesonanya
Salah satu tikungan tajam di jalur Gumitir, dibutuhkan konsentrasi dan kewaspadaan serta kehati-hatian ketika melintasi jalur ini. Saling menghormati sesama pengguna jalan dan tidak mengedepankan emosi saat berkendara menjadikan perjalanan Anda akan lebih nyaman dan cepat sampai tujuan.


Memasuki Gumitir dari Arah Kabupaten Banyuwangi

Gunung Gumitir dan Pesonanya
Gapura yang kurang terawat, semoga di masa yang akan datang akan lebih baik lagi....

5/Post a Comment/Comments

  1. wah,,,lenkap sekali ya,,sampai ada keterangan jalannya segala,,hehe,
    terima kaish gan,,

    ReplyDelete
  2. waw keren seklai gan pemandangan sekitar gunung gumitir dan res areanya sangat indah dipandang, apalagi lihat langsung jadi penasaran nih

    ReplyDelete
  3. wooww mantep bgt tuh. . .,tp tikungannya menyeramkan. . .,hrus hati" bgt itu. . .

    ReplyDelete
  4. Patung-nya sekarang dah ganti ya Gan? polisi dadakan masih banyak ya? It's nice view

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post
ADS2