Manfaat Buah Salak (Salacca Edulis)

Ada yang berbeda di meja makan, jika biasanya buah yang disajikan jeruk dan apel, tetapi hari ini ada buah salak yang menghiasi meja makan. Buah salak merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi manusia, karena memiliki kandungan penting seperti kalsium, tanin, saponin, dan flavonoida. Buah salak juga berkhasiat sebagai obat, salah satunya yairu sebagai obat diare, caranya dengan mengkonsumsi buah salak secukupnya (+/- 20 gram).

manfaat-buah-salak-di-Indonesia

Selain sebagai obat alamai diare buah salak juga memiliki manfaat untuk kesahatan mata kita, dimana buah salak menurut penelitian Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan RI menyatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak lebih banyak 5,5 kali dari buah mangga, 3 kali lebih banyak dari buah jambu biji dan 5 kali lebih banyak dari buah semangka merah. Betakaroten merupakan salah satu zat anti oksidan yang banyak terdapat pada wortel, yang sangat berkhasiat untuk kesehatan mata.

Tanaman salak, merupakan tanaman mudah tumbuh didaerah tropis, sehingga banyak yang memanfaatkan sebagai tanaman budidaya (bisnis buah) bahkan ada juga yang memanfaatkan sebagai tanaman yang berfungsi sebagai pagar di pekarangan rumah atau perkebubanan.

Buah salak sendiri memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah salak pondoh yang terkenal memiliki rasa manis, renyah dan sedikit gurih. Selain itu ada juga salak Bali yang juga terkenal manis dan bentuknya lumayan besar.

Untuk kandungan gizi per 100 gram daging buah salak, menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan (1981) RI, kurang lebihnya sebagaimana informasi dibawah ini.

 (Sumber Inspirasi : kesehatan.kompasiana.com / salacasand.wordpress.com)
 - Semoga Bermanfaat -


7/Post a Comment/Comments

  1. selain enak ternyata juga banyak manfaatnya gan..

    ReplyDelete
  2. ajiib tuh gan salak pondohnya banyak manfaatnya dan wuenak juga rasanya..

    ReplyDelete
  3. mantep lah, makan salak selain enak juga bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. salak memang enak sekali,,apalagi yang pondoh,,tapi kalau kebyankan gak baik ya gan?
    terima kasih buat infonya

    ReplyDelete
  5. mantap,,selain enak salak juga banyak manfaatnya ternyata,,
    makasih informasi nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post
ADS2