Agar Tidak Mudah Stres

Solusi-menghilangkan-stressSetiap orang tentunya penah mengalami stres yang disebabkan berbagai faktor diantaranya bisa berasal dari lingkungan keluarga/tempat tinggal, kemacetan dan juga dari lingkungan kerja. Secara umum tekanan kerja dan masalah pribadi menjadi faktor yang seringkali menjadi penyebabnya, tetapi penyebab utama datangnya stres yaitu dari mental diri yang belum terbiasa menerima tekanan dari luar. Solusinya adalah kembali ke diri kita sendiri dalam menyikapi setiap tekanan yang datang apakah menganggap tekanan yang ada sebagai beban atau menjadikan tekanan tersebut menjadi sebuah tantangan untuk dihadapi.

Mengelola pikiran dengan baik tentunya akan bisa menghentikan hal-hal yang mendatangkan stres dan berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology dan Metabolism menunjukkan bahwa stres kronis meningkatkan risiko kematian hingga 5 kali lipat. Stres yang ada memang harus dikelola dengan baik yaitu bisa dengan mengendalikan pikiran dalam menyikapi setiap masalah yang ada. Sebagaimana dilansir Naturalnews, Selasa (23/10/2012), ada lima kebiasaan mental yang harus kita atasi karena lima hal tersebut menjadi penyebab stres bagi manusia, diantaranya:

1. Mengkritik Diri Sendiri
Kritikan biasanya muncul dalam bentuk suara batin yang akan mengomentari hal-hal yang sedang Anda pikirkan, katakan, atau lakukan. Mengkritik diri sendiri sebenarnya diperlukan sebagai kontrol diri. Tetapi terkadang suara batin Anda sendiri terlalu pedas hingga membuat Anda mengurungkan niat baik yang telah Anda rencanakan.

Yang perlu Anda lakukan adalah mendengarkan suara-suara kritis itu seolah-olah suara seorang teman. Dengan mendengarkan suara hati dan menerima kritikan-kritikan yang datangnya dari diri sendiri, keputusan yang Anda buat akan lebih mantap setelah melalui banyak pertimbangan.

Jadikan kritikan sebagai masukan dan bahan pertimbangan dan jangan melawannya dengan tidak mendengarkan suara batin Anda, hal ini dapat menimbulkan tekanan mental dan meningkatkan stres.

2. Menyalahkan Orang Lain
Seseorang yang tidak berjiwa besar dengan tidak mau mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya, akan cenderung melimpahkan kesalahan kepada orang lain. Anda mungkin dapat terbebas dari risiko kesalahan, tetapi sayangnya hal ini akan memberikan tekanan mental.

Orang yang menutupi kesalahannya, akan merasa ketakutan setiap saat jika kebenarannya terungkap. Seseorang yang selalu diselimuti perasaan bersalah akan lebih mudah stres dibanding orang yang berjiwa besar dan mau mengakui kesalahannya.

Tempatkan diri Anda pada posisi orang lain sebelum membuat kesimpulan agar dapat mengetahui sumber kesalahan dan menghindari menyalahkan orang lain atas kesalahan yang Anda perbuat.

3. Tubuh Ikut-Ikutan Gelisah Ketika Pikiran Gelisah
Peneliti medis menunjukkan bahwa gerakan tubuh yang selalu gelisah ketika otak sedang berpikir keras dalam menyelesaikan masalah, dapat memberi tekanan mental hingga stres. Tubuh Anda tidak akan tenang jika pikiran Anda sedang kacau, oleh karena itu hindari rangsangan fisik yang membuat Anda semakin gelisah.

Tuliskan semua hal yang ada dalam pikiran Anda, kemudian putar musik pelan seperti alunan piano atau bunyi gemericik air agar pikiran dan tubuh Anda tenang.

4. Berpikiran Macam-Macam
Stres juga dapat ditingkatkan dengan pikiran-pikiran negatif yang ekstrim, misalnya ketika Anda terlambat bekerja, Anda berpikir bahwa pimpinan akan marah besar, Anda akan di-PHK, Anda tidak punya uang, kehilangan rumah dan berakhir menjadi tuna wisma.

Jangan menilai semua hal secara berlebihan, lebih baik menuliskan apa yang Anda khawatirkan daripada memikirkannya dan membuat Anda gelisah, tertekan oleh pemikiran sendiri dan berakhir stres. Tarik nafas dalam-dalam jika Anda menemui hal-hal yang dapat mendatangkan masalah bagi Anda agar lebih tenang.

5. Memendam Amarah
Beberapa orang kadang tidak dapat mengungkapkan keluh kesah serta emosinya dan cenderung menyimpan amarahnya sendiri. Ketika seseorang sedang menahan emosi, napasnya akan berhenti sejenak dan otot-ototnya menegang akibat aliran energi emosional yang mempengaruhi fisik Anda.

Ungkapkan semua hal yang mengganggu pikiran Anda dengan bahasa yang tepat dan jangan memendamnya terlalu lama. Memendam amarah hanya akan memberikan tekanan mental dan menyebabkan stres.

Pada dasarnya setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menhilangkan stres dan informasi diatas merupakan sebuah wacana untuk kita semua yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi stress. Semoga bermanfaat.... 

Sumber : Linda Mayasari - detikHealth Picture by Google Image Search with keywords "Stresss"

12/Post a Comment/Comments

  1. nice posting gan...
    stress adalah masalah terbesar yang selalu mengganggu saya

    ReplyDelete
  2. sip buat bagian mengkritik diri..

    yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi dan instrospeksi diri bukannya ---> mengkritik diri habis2an

    ReplyDelete
  3. benar sekali bang,,setiap orang punya cara tersendiri untuk menyelesaikan maslahnya,,bberapa poin diaas kena sekali,,hehe
    terima kasih

    ReplyDelete
  4. saya lebih suka menyalahkan orang lain habis-habisan daripada menyalahkan diri..
    -puas :D

    ReplyDelete
  5. mantap gan
    tulisannya sangat berguna sekali

    ReplyDelete
  6. informasi yang sangat menarik.. memang benar semua nya punya cara mengatasi stres,, tapi yang positif ny aja yah..

    ReplyDelete
  7. mengatasi stress bukan hal yang mudah gan...
    teori sangat mudah dirancang gan, tapi pelaksanaannya yang susahnya na'uzdubillah

    ReplyDelete
  8. mkasih gan info nya saya sering stres gan mkasih atas tips cara menghilangkan stress nya sangat berguna untuk saya

    ReplyDelete
  9. makasih banyak ya gan, jangan lupa mampir balik

    ReplyDelete
  10. bener banget tuhh,,
    ayo hindari stres sekarang juga,,,! :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post


ADS2