Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur

Setelah menjalankan rutinitas harian, tentu manusia butuh istirahat yang cukup. Adapaun istirahat yang cukup idealnya yaitu tidur pada malam hari selama delapan jam. Karena dengan tidur selama 8 jam akan menjadikan tubuh terasa bugar di pagi hari, sehingga siap menjalankan aktifitas seperti biasanya.



Tapi kebanyakan orang karena padatnya aktifitas yang di kerjakan, membuat waktu tidur berkurang dengan berbagai penyebab seperti lembur, nongkrong di cafe, ngobrol larut malam, main gadget dan lain sebagainya.Dengan waktu tidur yang terbatas, sudah jelas akan menyebabkan tubuh terasa berat karena lelah serta mengantuk pada saat beraktifitas dan hal ini akan berdampat kurang baik terhadap kesehatan tubuh kita. Dibawah ini merupakan 5 dampak utama akibat kurang tidur, dikutip dari situs Zeenews melalui portal berita Detik Health.

1. Kesehatan Jantung

Tidur dengan waktu yang ideal yaitu 8 jam, akan berperan sangat penting dalam memulihkan dan juga memperbaiki pembuluh darah serta jantung. Jadi bagi orang yang bermasalah dengan tidurnya akan memiliki resiko semakin tinggi karena pemulihan dan perbaikan pembuluh darah tidak bekerja dengan baik. Dari itu mari kita ubah pola hidup kita menjadi lebih baik dan sehat, demi kebaikan hidup dimasa yang akan datang. 


2. Diabetes

Penyakit deabetes menjadi resiko besar bagi mereka yang kurang tidur dari lima jam. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang menunjukkan resiko besar jika kurang tidur apalagi dibawah 5jam.


3. Penyakit Saluran Napas

Kesehatan tubuh jika kurang tidur akan terus berkurang, sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh dan juga rentan mengalami masalah pernapasan, seperti deman dan juga influenza. Apalagi bagi orang yang memiliki riwayat kejiwaan, tentunya akan memperburuk kondisi yang ada.


4. Kesehatan Mental



Gangguan seperti depresi, kecemasan dan juga gangguan mood berkepanjangan juga akan terganggu.  Studi memperlihatkan seorang yang memiliki siklus tidur yang buruk akan mengalami gangguan kejiwaan.


5.  Berat Badan

Resiko berat badan akan bertambah jika kita kurang tidur, hal ini terjadi karena Anda akan lebih banyak mengkonsumsi kalori. Pada sebuah studi European Journal of Clinical Nutrition menyampaikan bahwasanya orang yang kedapatan kurang tidur cenderung mengkonsumsi 385 kalori tambahan pada hari-hari selanjutnya.

Kemauan untuk berubah memang kembali kepada diri kita masing-masing. Yang peru dijadikan perhatian adalah dimasa yang akan datang, apakah kita tetap sehat atau sakit-sakitan akibat gaya hidup yang saat ini dijalani. Semoga bermanfaat.

Sumber Gambar : Google Image

1/Post a Comment/Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post
ADS2