Waspada Pada Saat Transaksi Online

stop penipuanSaat ini kemudahan berbelanja melalui layanan online sudah sering kita dapatkan, ada banyak situs jual beli yang menawarkan beraneka ragam produk seperti handphone, blackberry, iphone, busana dan lain sebagainya. Dari penawaran tersebut biasanya ada beberapa situs jual beli yang menawarkan dengan harga yang sangat rendah dan membuat tertarik untuk bertransaksi tanpa berfikir panjang, karena tawaran harga yang sangat murah. Alangkah baiknya sebelum melakukan transaksi kita waspada yaitu dengan beberapa tips berikut :
  • Bandingkan harga yang ditawarkan dengan harga yang berlaku dipasaran (toko), jika harganya terlalu murah dari harga dipasaran maka sudah bisa dipastikan bahwa tipe penjual tersebut adalah orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa jadi barang yang dijual adalah barang bekas atau barang dari hasil rekondisi atau barang dari Black Market. Contohnya harga Blackbery Belagio yang semestinya 4 Jutaan dijual dengan harga sangat murah misal dengan harga 1.8jt.
  • Perhatikan situsnya apakah situs tersebut meyakinkan atau tidak, caranya dengan melihat posting yang ada, tanggal berapa terakhir di update jika tanggal update terakhir sudah lama sekali sebaiknya tinggalkan saja situs tersebut.
  • Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang situs tersebut, yaitu dengan mengetikkan nama situs/nomor handphone tersebut di search engine, biasanya jika situs bermasalah akan ada saja yang menuliskan di blog atau forum untuk didiskusikan.
  • Untuk memastikan lagi bisa dengan melihat bukti pengiriman (nomor resi dari JNE/Tiki), caranya jika disitus tersebut mencantumkan data pengiriman, silahkan copy sebagian data pengiriman tersebut kemudian paste-kan di search engine, biasanya akan terlihat situs mana saja yang menampilkan bukti-bukti tersebut. Jadi jika ada kesamaan dengan dengan situs yang lain sudah bisa dipastikan situs tersebut memanfaatkan bukti pengiriman orang lain untuk meyakinkan calon pembelinya. Contohnya silahkan Klik Disini
Ada hal yang mendasari kenapa saya membuat posting ini karena tepatnya kemarin salah satu keluarga saya terlalu gegabah dan melakukan transaksi pembelian sebuah blackberry dengan harga yang sangat murah, tanpa melalukan pengecekan terlebih dahulu, akhirnya uang senilai 3,8 jt lenyap karena barang yang dijanjikan tidak dikirim dengan berbagai alasan.

Jadi bagi siapa saja yang ingin melakukan pembelian lewat internet lebih waspadalah, lebih baik melakukan pembelian secara langsung dengan melihat kondisi barangnya. Jika sudah terjadi, kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena nomer yang ada sudah tidak bisa dihubungi lagi.


Picture by Google Search with keywords "Stop Penipuan"


3/Post a Comment/Comments

  1. nice info makasih banyak ya.. saya jadi lebih tau sekarang.. good luck for you bro..

    ReplyDelete
  2. terimakasih mau berbagi ilmu dan sharingnya,artikel ini jadi panduan aku,sukses selalu ya.

    ReplyDelete
  3. yach,,namnya juga dunia online,,memudah kan para penipu,,tinggal kitanya aja yang patut hati2,,kalo mau yang lebih terpercaya itu barang kirim duluan..seperti web saya,,hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post
ADS2